100 Most Beautiful Earthly Paradises in China

100 Most Beautiful Earthly Paradises in China

IPS Qn.

1. Sebutkan minimal 5 kerajaan islam dan sejarahnya !!

2. Sejarahnya wajib ada !!!


Nt : I Come Back


[tex]{ \tiny{ \color{aqua}{junior}}}[/tex]

Qn.

1. Sebutkan minimal 5 kerajaan islam dan sejarahnya !!

2. Sejarahnya wajib ada !!!


Nt : I Come Back


[tex]{ \tiny{ \color{aqua}{junior}}}[/tex]

Jawaban:

1. Kerajaan Perlak

Salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia adalah Perlak, Sultan Alaiddin Sayid Maulana Abdul Azis Syah menjadi pendirinya dan berlokasi di Aceh Timur.

Masa kekuasaan dari kerajaan ini berlangsung dari 840 hingga 1292, salah satu raja terkenalnya adalah Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin II.

2. Kerajaan Ternate

Siapa yang mendirikan kerajaan ini, ternyata Baab Mashur Malamo. Kerajaan ini berkuasa dari 1257 hingga 1914.

Sultan Baabullah menjadi raja yang paling dikenal dari kerajaan yang berada di Ternate, sebuah pulau di Kepulauan Maluku.

3. Kerajaan Samudera Pasai

Marah Silu atau Sultan Malik Al-Saleh mendirikan kerajaan, sementara Sultan Mahmud Malik Az Zahir menjadi sultan yang paling terkenal

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai, kerajaan yang berlokasi di Lhokseumawe ini memiliki kekuasaan terentang dari 1267 hingga 1517.

4. Kerajaan Gowa-Tallo

Tumanurung Bainea mendirikan kerajaan ini di Sulawesi Selatan, salah satu kerajaan terbesar di Indonesia Timur.

Kerajaan berkuasa mulai dari 1300 hingga 1960. Salah satu raja terkenal adalah Sultan Hasanuddin yang juga pahlawan nasional.

5. Kerajaan Malaka

Parameswara mendirikan kerajaan ini pada awal abad ke-15. Lokasi kerajaan ini berada di Selat Malaka.

Sultan Mansur Syah menjadi sultan paling terkenal dari kerajaan yang memiliki kekuasaan singkat, hanya dari 1405 hingga 1511.

Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan bercorak Islam pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai. Kerajaan ini ada di Pantai Utara Aceh tepatnya di muara Sungai Psangan (Pasai). Muara sungai tersebut terletak di dua kota bernama Samudera (jauh dari laut) dan Pasai (kota pesisir pantai).Bukti sejarah dari kerajaan ini terlihat pada tulisan atau inskripsi di nisan makan Sultan Malik As-Saleh, berita dari Marcopolo dan Ibnu Batutah, serta kronika raja Pasai. Kerajaan ini dibangun oleh Marah Silu yang berhasil menyatukan Samudra dan Pasai.

Kerajaan Malaka

Karajaan Malaka juga masuk dalam daftar kerjaan Islam pertama di Indonesia karena berdiri di awal perkembangan Islam. Kerajaan ini terletak di Semenanjung Malaya dengan ibu kota Malaka. Raja pertama dari Kerajaan Malaka yaitu Iskandar Syah. Pada masa pemerintahannya, kerajaan ini berkembang pesat dan menjadi kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara.

Namun menurut catatan sejarah, masa keemasan kerajaan Islam ini yaitu pada era kepemimpinan Sultan Mansyur Syah. Pada saat itu, Malaka berhasil menjadi pusat perdagangan sekaligus penyebaran Islam di Asia Tenggara.

Perekonomin masyarakat di Kerajaan Malaka bertumpu pada perdagangan dan pelayaran. Pada masa Kerajaan Malaka, sudah ada sistem undang-undang yang mengatur kehidupan sosial masyarakatnya

Kerajaan Aceh

Kerajaan bercorak Islam pertama di Indonesia selanjutnya yaitu Kerajaan Aceh. Secara geografis kerajaan ini terletak di Sumatera bagian Utara dengan dengan jalur pelayaran dan perdagangan internasional. Letaknya yang strategis membuat Kerajaan ini berkembang cukup pesat.

Sultan pertama kerajaan ini yaitu Sultan Ali Mughayat Syah dan mengalami masa kejayaan pada masa Sultan Iskandar Muda. Di masa kejayaannya, Aceh berkembang sebagai penghasil lada. Dari sinilah banyak negara yang melakukan perdagangan di Aceh.

Namun saat Sultan Iskandar Muda lenser kerajaan ini mengalami kemunduran. Sultan Iskandar Thani yang menggantikannya tidak memiliki kepribadian dan kecakapan seperti sultan sebelumnya. Beberapa faktor yang menyebabkan kerajaan ini mengalami kemunduran antara lain:

  • Kerajaan Aceh mengalami kekalahan melawan Portugis di Malaka.

  • Tidak ada tokoh cakap setelah Sultan Iskandar Muda wafat.

  • Daerah taklukan kerajaan ini mulai melepasakan diri seperti Johor, Perlak, Pahang, Minangkabau, dan Siak.

Kerajaan Demak

Di tanah Jawa, kerajaan Islam pertama adalah Kerajaan Demak. Letaknya di Jawa Tengah tepatnya di daerah bernama Bintoro, sebuah daerah bawahan Majapahit. Raja pertamanya yaitu Raden Patah yang merupakan keturunan Raja Brawijaya V (raja Majapahit) dan ibunya penganut Islam dari Jeumpa.

Setelah Raden Patah, Kerajaan Demak dipimpin oleh Pati Unus. Ia memimpin tidak lama, namun cukup terkenal karena sempat memimpin pasukan Demak menyerang Portugis di Malaka. Kerajaan Islam pertama di Jawa ini mengalami masa kejayaan pada saat dipimpin Sultan Trenggono. Daerah kekuasaannya bahkan sampai ke Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon.

Kerajaan Mataram Islam

Mataram Islam berada di Kotagede atau yang saat ini Yogyakarta. Raja pertama sekaligus pendiri kerajaan ini yaitu Sutawijaya. Masa kejayaan Mataram Islam yaitu pada masa Raden Mas Rangsang atau Sultan Agung Hanyokrokusumo. Saat itu, Mataram Islam dapat mempertahankan kekuasaan di seluruh Jawa hingga bisa mengusir Belanda dari Batavia.

Prestasi lainnya yang ditorehkan oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo anatara lain:

  • Mampu mendundukan bupati yang tidak mengakui kekuasaan pusat Mataram.
  • Menyusun kitab undang-undang Surya Alam.
  • Mengirim armada serta pasukan untuk menyerang Batavia yang pada saat itu dikuasai VOC.

Sepeninggalan Sultan Agung, Mataram Islam kemudian dipimpin oleh Amangkurat I kemudian dilanjutkan oleh Amangkurat II. Setelah Sultan Amangkurat II meninggal, Mataram Islam terbagi menjadi dua berdasarkan perjanjian Giyanti.

Mataram kemudain dibagi menjadi Kasultanan Jogjakarta yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan Daerah Kasuhunan Surakarta yang dipimpin Susuhunan Pakubuwono I.

[answer.2.content]